March 25, 2011

SUNGAI CIBERANG MENANTANG ADRENALIN ANDA UNTUK BERARUNG JERAM

Logo Banten
Masyarakat umum sangat mengenal Banten dengan persoalan pelet, santet, jawaranya, dan golok ciomasnya. Tetapi ternyata di balik semua itu Banten memiliki keindahan alam yang memikat dan layak dijadikan wahana berwisata bersama kolega maupun keluarga.Baik sifatnya wisata yang biasa-biasa saja maupun yang menantang adrenalin.

 Nah selain wisata bahari yang terletak di Anyer dan Carita ternyata Banten juga memiliki wisata petualangan arung jeram yang menantang yang tidak kalah serunya dengan yang ada di Sukabumi. Bahkan adrenalin kita tertantang di wisata arum jeram yang dilaksanakan di Sungai Ciberang, Banten.


SUNGAI CIBERANG 

Sungai Ciberang terletak di Kabupaten Lebak, Propinsi Banten.Sebuah lokasi yang masih belum terjamah oleh para petualang. Tapi belakangan ini, Sungai Ciberang sudah mulai diolah sebagai wisata petualangan air, dalam hal ini arum jeram. Tujuan dibukanya sungai Ciberang sebagai wisata petualangan air adalah sebagai alternatif wisata petualangan arum jeram yang selama ini masyarakat umum hanya mengenalnya di daerah Sukabumi saja.
Pertimbangan dibukanya sungai Ciberang sebagai wisata petualangan arum jeram karena masuk di kelas 2-3 untuk klasifikasi jeram menurut standard Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) yang mengacu kepada Standard America White Water Assocation (AWA), sehingga cocok untuk wisata arum jeram, baik untuk family trip maupun petualangan.
Bahkan kondisi debit air sungai Ciberang tidak terlepas dari kondisi hutan alam dan hulunya, yaitu kawasan Taman Nasional Gunung Halimun yang saat ini masih cukup terjaga, sehingga sungai Ciberang ini dapat dimanfaatkan untuk wisata arum jeram sepanjang tahun baik kemarau maupun dimusim hujan.  Kawasan yang dimanfaatkan untuk wisata arung jeram sebagai besar masih alami dengan suasana khas pegunungan dan gemuruh air yang deras bahkan suasana pedesaan yang eksotis menambah Ciberang menjadi pilihan tersendiri bagi penikmat petualang arum jeram. Sungai Ciberang sendiri memiliki lebih dari 15 jeram yang menantang untuk diarungi dengan jarak arung sekitar 8 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam.

LOKASI CIBERANG
Sungai Ciberang ini tepatnya berada di Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gendong, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. untuk menuju lokasi ini bisa melalui beberapa akses dari berbagai daerah. Jika anda berasal dari Jakarta bisa melalui Balaraja, Kabupaten Tangerang dengan jarak tempuh 100 KM yang menghabiskan waktu kurang lebih 2,5 jam dengan menggunakan mobil pribadi ataupun umum.
Sementara bila melalui jalur Bogor jarak yang ditempuh 110 KM dengan lama perjalanan 3 sampai 4 jam. Apabila melalui jalur Serang bisa melalui jalur Pandeglang dengan jarak 80 KM dengan waktu tempuh 2 jam.
Nah bagi Anda penikmat arung jeram silakan saja datang ke Ciberang untuk menguji adrenalin dan nyali anda. Jangan khawatir soal keamanan, karena di Ciberang disediakan para pemandu jeram yang berpengalaman dan tergabung dalam forum Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI).
Selamat berpetualang............

Rute Tempuh :
  • Rute 1 : Jakarta – Tol tangerang Merak- keluar Pintu Tol Belaraja – Pertigaan Asem Cikande – Jawilan – Kopo – Rangkasbiung – Sajira – Cipanas – Kampung Muhara dengan waktu tempuh 2,5 jam
  • Rute 2 : Jakarta – Tol serang Timur – Pandeglang – Rangkasbitung – Sajira – Cipanas – Kampung Muhara dengan jarak tempuh 3 – 3,5 jam (rute nyaman)
  • Rute 3 : Bogor – Leuwiliang – Jasinga – Cipanas Kampung Muhara waktu tempuh 3 – 4 jam

No comments: